Berhasil kalahkan Donald Trump, ini 5 Fakta Joe Biden

  • by
foto: nbc15.com

Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) berhasil menarik perhatian dunia. Terdapat dua kandidat utama yang pertama tentunya petahana dari Partai Republik, Donald Trump dengan pasangannya Mike Pence, sementara pesaingnya datang dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama, yakni Joe Biden dan pasangannya Kamala Harris.

Dilansir dari bbc.com, Biden menang di negara bagian kunci Pennsylvania, mengantarkannya ke perolehan suara elektoral sebanyak 273 – melebihi dari 270 yang diperlukan untuk menuju Gedung Putih.

Meski begitu, tim kampanye Trump menyatakan calon mereka belum ada rencana untuk mengaku kalah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Trump merupakan presiden pertama yang tidak terpilih lagi sejak 199-an.

Menurut proyeksi dari bbc.com, kemenangan Joe Biden didasarkan pada hasil tidak resmi dari negara-negara bagian yang telah selesai menghitung suara mereka, dan hasil yang telah diperkirakan dari negara-negara bagian seperti Wisconsin, dengan penghitungan suara yang masih berlangsung.

Biden berhasil meraih 73 juta suara sejauh ini, dan ini merupakan suara paling banyak untuk calon presiden dalam sejarah Amerika. Sementara pesaingnya, Trump memperoleh hampir 70 juta suara, suara kedua terbanyak dalam sejarah.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih yang memberikan suara dalam Pilpres AS merupakan yang tertinggi dalam 120 tahun dengan sekitar 66.9%.

Dari hasil yang sudah diperoleh, Joe Biden kini menjadi pemimpin baru, yakni Presiden ke-46 Amerika Serikat. Terpilihnya Biden juga membuka sejarah baru, dimana dia menjadi presiden tertua di Amerika dengan usia yang menginjak 78 tahun.

Berikut ini ada beberapa fakta mengenai Joe Biden yang dilansir Keeping Times dari berbagai sumber, Minggu (8/11).

1. Seorang olahragawan

Joe Biden pernah bermain American Football di Archmere Academy, sebuah sekolah Katolik di Wilmington, Delaware. Kala itu dia bermain untuk posisi receiver, lalu posisi running back, serta penangkap bola. Dilansir dari berbagai sumber, ternyata Biden sangat handal dalam bermain, terutama dalam melakukan operan.

2. Menjadi presiden tertua di Amerika

Joe Biden berhasil mengalahkan Donald Trump, dengan ini dia menjadi presiden tertua di Amerika dengan usia 78 tahun.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, sebelum memenangkan nominasi Partai Demokrat pada Januari 2020, Biden mengatakan dia harus memilih wakil presiden yang akan dapat mengambil alih Gedung Putih ‘segera’ karena usianya.

“Tapi bagi saya, harus dibuktikan bahwa siapapun yang saya pilih adalah dua hal,” lanjut harapan 2020 itu. ‚ÄúSatu, mampu menjadi presiden karena saya sudah tua,” ujar Biden.

3. Mencalonkan diri sebagai presiden pada 1987 dan 2008

Keinginan untuk menjadi pemimpin bagi masyarakat Amerika sudah diperlihatkannya sejak lama. Untuk pertama kalinya Biden mencalonkan diri sebagai presiden pada 1987. Keinginan yang sama juga dilakukan pada 2008. Sampai akhirnya dia menjadi wakil Barack Obama selama dua periode.

4. Joe Biden mengalami tragedi keluarga

Pada 1972, Biden harus menerima kenyataan atas kepergian sang istri, Neilia dan bayi perempuannya, Naomi untuk selama-lamanya dalam kecelakaan mobil. Pada 2015, Biden kembali dihadapkan dengan kenyataan yang menyedihkan. Dimana putra tertuanya, Beau, meninggal karena kanker otak.

5. Joe Biden menikah lagi

Pada 1977 Biden memantapkan hati untuk melakar kekasih hatinya Jill Tracy Jacobs, yang merupakan seorang guru. Pertemuan mereka pertama kali terjadi pada 1975 lewat kencan buta. Untuk bisa menikahi Jill Tracy Jacobs, Joe Biden memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, setelah lima kali melamar sang kekasih, barulah Jill Tracy Jacobs setuju untuk menikah dengan dirinya.