Gagal di talent show, 10 penyanyi India ini justru lebih sukses daripada pemenang

foto: Instagram/@monalithakur03; Instagram/@darshanravaldz

Kontes menyanyi menjadi salah satu talent show yang banyak menarik perhatian penonton. Acara tersebut digelar untuk mencari penyanyi berbakat dari berbagai daerah. Antusiasme para kontestan pun terbilang tinggi karena sang pemenang akan membawa pulang piala juga ketenaran dan janji untuk masa depan yang lebih cerah.

Acara talent show dianggap sebagai jalan pinjas untuk meraih kesuksesan dengan cepat. Namun faktanya tidak semua juara ajang talent show mendapatkan ketenaran yang diinginkan. Sebaliknya, tak sedikit kontestan yang gagal meraih gelar juara bahkan bisa mendapatkan karier yang lebih sukses setelah acara tersebut usai.

Kira-kira siapa saja penyanyi terkenal yang dulunya gagal saat mengikuti ajang talent show? Berikut ini Keeping Times telah menyusun daftar penyanyi India jebolan ajang talent show yang lebih sukses daripada pemenang, dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (5/7).

1. Darshan Raval.

foto: Instagram/@darshanravaldz

Darshan secara konsisten menjadi salah satu kontestan paling populer di Star Plus “India‚Äôs Raw Star”. Kala itu banyak penonton yakin bahwa dia akan membawa pulang piala. Namun, Darshan berakhir sebagai runner-up pertama di acara tersebut.

Meski begitu, ternyata bakatnya lebih banyak diminati oleh pencinta musik. Tahun berikutnya setelah kontes tersebut Darshan membuat debut Bollywood-nya dengan lagu “Jab Tum Chaho” dalam “Prem Ratan Dhan Payo”. Penyanyi ini juga memiliki beberapa lagu hits seperti “Bekhudi” dalam film “Teraa Surroor”, “Kheech Meri Photo” dari film “Sanam Teri Kasam”, “Chogada” dari “Loveyatri” dan lagu berjudul “Ek Ladki Ko Dekha Toh Aisa Laga”.

2. Monali Thakur.

foto: Instagram/@monalithakur03

Popularitas Monali Thakur pertama kali naik saat musim kedua Indian Idol yang ditayangkan pada tahun 2005. Dia berhasil mencapai 10 besar di acara tersebut. Namun, baru pada tahun 2008 dia mendapat kesempatan pertama untuk menjadi penyanyi playback Bollywood dengan lagu “Kubool Kar Le” dalam “Jaan-E-Mann”. Akan tetapi lagu “Zara Zara Touch Me” dan “Khwab Dekhe” dalam film “Race”-lah yang benar-benar membuatnya menjadi pusat perhatian.

Kini Monali dikenal dengan hits Bollywood terkenal seperti “Sawaar Loon” dari film “Lootera”, “Tune Maari Entriyaan” dari film “Gunday”, “Moh Moh Ke Dhaage” dari film “Dum Laga Ke Haisha”, “Cham Cham” dari “Baaghi”, dan “Badri Ki Dulhania” dari “Badrinath Ki Dulhania” serta masih banyak lainnya.

3. Arijit Singh.

foto: Facebook/Arijit Singh

Arijit Singh merupakan salah satu penyanyi paling populer yang menunjukkan kehebatannya sebagai peserta pertunjukan bakat di acara Fame Gurukul pada tahun 2005. Di sanalah sutradara Sanjay Leela Bhansali pertama kali menunjukkan suara emasnya.

Kini dia adalah penyanyi Bollywood terkemuka yang memiliki blockbuster besar seperti “Phir Le Aya Dil” dari “Barfi”, “Tum Hi Ho” dari “Aashiqui 2”, “Kabira” dan “Ilahi” dari “Yeh Jawaani Hai Deewani”, “Agar Tum Sath Ho” dari “Tamasha”, “Bekhayali” dari “Kabir Singh” dan banyak lagu kenangan lainnya.

4. Armaan Malik.

foto: Instagram/@armaanmalik

Penyanyi Bollywood populer lainnya yang pertama kali muncul dalam talent show adalah Armaan Malik. Dia adalah seorang finalis pada acara pencarian bakat populer “Sa Re Ga Ma Pa L’il Champs” pada tahun 2006 dan kemudian menjadi salah satu juri termuda di sebuah reality show India.

Armaan dikenal dengan sejumlah hits seperti “Naina” dari Khoobsurat, “Main Hoon Hero Tera” dari “Hero”, “Bol Do Na Zara” dari “Azhar”, “Jab Tak” dan “Kaun Tujhe” dari “Dhoni: The Untold Story”, “Pehla Pyaar” dari “Kabir Singh”, dan banyak lainnya.

5. Aditi Paul.

foto: Instagram/@aditipaulofficial

Aditi adalah salah satu peserta terkemuka di musim debut Indian Idol pada tahun 2004. Aditi berhasil masuk ke 10 besar dan akhirnya tersingkir di posisi ke-7. Dia telah membuat karier yang hebat bukan hanya sebagai penyanyi playback tetapi juga sebagai penyanyi panggung yang secara rutin tampil di seluruh negeri. Dia memiliki banyak lagu hits, di antaranya yaitu “Ang Laga De” dari “Goliyon Ki Raasleela: Ram-Leela” dan “Veeron Ke Veer” dari “Baahubali 2”.

6. Neha Kakkar.

foto: Instagram/@nehakakkar

Neha dikenal publik sebagai “Queen of Remixes”. Dia adalah salah satu kontestan termuda di Indian Idol season 2 dan berhasil masuk 10 Besar di acara tersebut. Namun, bertahun-tahun kemudian dengan lagu “Second Hand Jawani” dari film “Cocktail”, Neha akhirnya mendapatkan “momen” Bollywood-nya.

Kini dia dikenal dengan banyak lagu hits seperti “Kar gayi Chull” dari film “Kapoor & Sons”, “Main Tera Boyfriend” dari “Raabta”, “Morni Banke” dari “Badhaai Ho”, “Aankh Maare” dari “Simmba”, “Coca Cola” dari “Luka Chuppi”, “Dheeme Dheeme” dari “Pati Patni Aur Woh”, dan yang terbaru “Garmi” dari “Street Dancer 3D”.

7. Antara Mitra.

foto: Instagram/@antaramitraofficial

Kontestan populer lainnya dari Indian Idol season 2 adalah Antara. Ia berhasil masuk 10 Besar sebelum akhirnya tersingkir. Namun, penampilannya terus-menerus dipuji di acara tersebut dan para juri melihat potensi sebenarnya dalam dirinya untuk menjadi besar sebagai penyanyi playback Bollywood.

Antara memiliki banyak hits seperti “Bheegi Si Bhaagi Si” dari film “Raajneeti”, “Saree Ke Fall Sa” dari “R..Rajkumar”, “Gerua” dan “Janam Janam” dari “Dilwale”, “Aira Gaira” dari “Kalank” dan “Dil Hi Toh Hai” dari “The Sky Is Pink”. Selain itu masih banyak hits milik Antara lainnya.

8. Muhammad Irfan.

foto: Instagram/@mohammedirfanali

Irfan pertama kali terlihat dalam “Sa Re Ga Ma Pa Challenge” Zee TV pada tahun 2005 dan merupakan bagian dari tim direktur musik Ismail Darbar, Yalgaar Ho Gharana. Dia berhasil mencapai babak Chakraviuh namun akhirnya tersingkir.

Irfan telah menyanyikan banyak lagu Bollywood seperti “Phir Mohabbat” dari film “Murder 2”, “Baarish” dari “Yaariyan”, “Muskurane” dari “Citylights”, “Jab Tum Chaho” dari “Prem Ratan Dhan Payo”, “Yaadon Mein” dari “Jab Harry Met Sejal” dan masih banyak lainnya.

9. Toshi-Shaarib.

foto: Instagram/@toshisabri

Toshi dan Shaarib merupakan kontestan di Amul STAR Voice of India pada tahun 2007. Duo bersaudara ini menunjukkan potensi besar sebagai penyanyi. Keduanya telah menyanyikan banyak lagu Bollywood dan bahkan membuat banyak lagu Bollywood populer. Lagu-lagu seperti “Maahi Maahi” dari film “Raaz”, “Emotional Fool” dari “Humpty Sharma Ki Dulhania”, dan “Pyaar Ki” dari “Housefull 3” adalah beberapa lagu populer mereka.

10. Nakash Aziz.

foto: Instagram/@nakash_aziz

Nakash adalah salah satu peserta di Indian Idol musim 2 pada tahun 2005 dan tersingkir cukup awal dari acara tersebut. Namun, perjuangannya berlangsung selama bertahun-tahun saat ia beralih dari membantu sutradara menjadi penyanyi playback.

Kini ia memiliki beberapa hits Bollywood seperti “Gandi Baat” dari film “R..Rajkumar”, “Dhating Naach” dari “Phata Poster Nikhla Hero”, “Pungi” dari “Agen Vinod”, “Selfie Le Le Re” dari “Bajrangi Bhaijaan”, “Afghan Jalebi” dari “Phantom”, “Mera Wala Dance” dari “Simmba”, “Dil Ka Telephone” dari “Dream Girl” dan masih banyak lagi.

Penulis: Ozan Dza