Tak banyak yang tahu, 8 penyanyi top dunia ini ternyata berdarah India

foto: Instagram/@nickiminaj; Instagram/@freddiemercury

Punya suara memukau, lirik lagu yang bermakna, dan gaya yang unik, para penyanyi top dunia ini mampu menarik perhatian publik. Di luar semua semua sorotan dan ketenarannya, asal-usul etnis para penyanyi ini sering kali tidak diketahui oleh banyak orang. Entah karena sengaja disembunyikan atau memang mereka lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri.

Penggemar para penyanyi top dunia ini mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa sang idola dari industri musik Barat yang popular di kancah internasional ini adalah keturunan India.

Kira-kira, siapa saja penyanyi internasional yang memiliki darah India? Berikut ini Keeping Times telah menyusun daftar 8 penyanyi top dunia yang berdarah India, dilansir dari berbagai sumber pada Senin (25/7).

1. Raveena Aurora.

foto: Instagram/@raveena_aurora

Raveena Aurora adalah penyanyi dan penulis lagu Amerika yang berdarah India. Dia tumbuh dengan soundtrack Bollywood dan jazz, lalu menggabungkan inspirasi tersebut ke dalam lagu dan videonya.
Dalam sebuah wawancara dengan Times of India, dia menjelaskan bagaimana budayanya memengaruhi seni buatannya. Pada tahun 2017, ia merilis EP debutnya, “Shanti”. Sejak saat itu Raveena telah menjadi sosok inspiratif bagi banyak wanita khususnya kaum minoritas untuk mengekspresikan diri mereka melalui seni.

2. Charlie XCX.

foto: Instagram/@charli_xcx

Charlotte Emma Aitchison atau yang dikenal dengan Charli XCX, lahir di Cambridge dengan ayah keturunan Skotlandia dan ibunya yang berasal dari India. Dia baru-baru ini menjadi salah satu nama terbesar di lanskap penyanyi pop. Musiknya kebanyakan bergenre pop eksperimental dan mainstream.

Dalam sebuah wawancara di Radio BBC, Charli XCX menjelaskan bahwa ia memiliki darah India. Dia bahkan tak segan untuk membela budayanya jika ada komentar online yang menghina.

3. Jay Sean.

foto: Instagram/@jaysean

Kamaljit Singh Jhooti ‚Äč‚Äčatau dikenal sebagai Jay Sean adalah penyanyi R&B Inggris. Penyanyi ini lahir dari orang tua Punjabi Sikh. Ia membuat sejarah musik pada tahun 2009 sebagai penyanyi Anglo-Asia pertama yang memiliki single nomor satu di Amerika Serikat. Singlenya yang masuk Billboard Hot 100 berjudul “Down” (2009) meledak di dunia musik, membuatnya mendapatkan tempat yang istimewa di dunia penyanyi pop.

Di dalam sebuah wawancara dengan OnRecord, Jay Sean mengatakan bahwa India adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang telah mengenal musiknya sejak awal. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa cinta dan kebanggaan yang ia rasakan dari fanbase India membuat setiap penampilan baru di India menjadi unik dan istimewa.

4. Naomi Scott.

foto: Instagram/@naomigscott

Aktris dan penyanyi Inggris Naomi Scott terkenal karena perannya sebagai Putri Jasmine dalam adaptasi Disney terbaru dari “Aladdin” (2019). Sama seperti Putri Jasmine, dia sendiri berasal dari Asia. Sang ibu Usha Joshi berasal dari Uganda dan memiliki warisan Gujarat. Saat berada di lokasi syuting “Aladdin”, Naomi Scott bahkan dikira oleh salah satu kru sebagai Deepika Padukone. Selain sebagai aktris, Naomi Scott juga seorang musisi ulung. Dia mulai bernyanyi di gereja sejak usia muda.

5. Norah Jones.

foto: Instagram/@norahjones

Geetali Norah Jones Shankar atau yang dikenal oleh dunia sebagai Norah Jones adalah bintang internasional. Sebagai putri maestro sitar Ravi Shankar, bakat musik ada dalam darahnya.

Penyanyi jazz dan country ini telah memenangkan 9 Grammy Awards dan menjual lebih dari 50 juta rekaman di seluruh dunia. Suaranya yang lembut dan merdu telah menghiasi panggung acara dan institusi bergengsi di seluruh dunia.

Setelah tampil di India untuk pertama kalinya, Scott berbicara tentang hubungannya dengan para penggemar di India. Dia berpikir bahwa sangat manis saat orang merasa bangga karena kebangsaannya. Lebih lanjut ia mengatakan senang datang ke India dan merasakan kekerabatan dengan penonton.

6. Nicki Minaj.

foto: Instagram/@nickiminaj

Onika Tanya Maraj-Petty atau yang dikenal dengan Nicki Minaj adalah salah satu ikon rap-pop paling terkenal di dunia. Kesuksesan globalnya telah menobatkannya sebagai “Queen of Rap” dan mengukuhkan statusnya sebagai ratu hip-hop.

Fakta yang kurang diketahui adalah Nicki Minaj merupakan keturunan India. Ayahnya Robert Maraj merupakan blasteran India, sedangkan ibunya Carol Maraj adalah keturunan Afro-Trinidadian.

Nama Maraj merupakan bentuk Maharaj yang sering ditemukan di antara keturunan India yang tinggal di Karibia. Meskipun dia mungkin telah mengubah namanya, Nicki Minaj masih menghormati budaya Indianya. Pada tahun 2017 dia mengungkapkan bahwa ia rutin menyumbangkan uang ke sebuah desa miskin di India yang tidak memiliki akses air bersih.

7. Freddie Mercury.

foto: Instagram/@freddiemercury

Freddie Mercury adalah salah satu legenda musik terbesar abad ke-20. Sebagai penyanyi utama Queen, ia terkenal karena bakatnya yang luar biasa dan penampilannya yang energik.

Freddie Mercury menguasai dunia musik Barat sepanjang kariernya. Faktanya ia memiliki hubungan erat dengan India. Lahir di Gujarat dari orang tua Parsi, nama lahirnya adalah Farrokh Bulsara. Dia dididik di India dan pindah ke Inggris bersama keluarganya ketika berusia 17 tahun. Freddie Mercury juga mengakui Lata Mangeshkar dan Kishore Kumar sebagai dua penyanyi favoritnya saat tumbuh dewasa.

8. Raja Kumari.

foto: Instagram/@therajakumari

Svetha Yallapragada Rao yang secara profesional dikenal sebagai Raja Kumari adalah seorang rapper, penulis lagu, dan penyanyi India-Amerika dari Claremont, California. Kumari terkenal karena kolaborasinya dengan artis terkenal termasuk Gwen Stefani, Iggy Azalea, Fifth Harmony, Knife Party, Fall Out Boy. Dia juga terkenal karena menerima penghargaan sebagai penulis lagu, BMI Pop Awards pada 2016, dan tampil di program BBC Asian Network Bobby Friction pada 5 Juli 2016. Baru-baru ini Raja mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam acara tribute untuk penyanyi ternama, Amy Winehouse.

Penulis: Ozan Dza