10 Aktris ini sukses perankan karakter antagonis, aktingnya panen pujian

foto: Instagram/@kareenakapoorkhan; Instagram/@realpz

Setiap kali mendapatkan suatu tawaran bermain di suatu film, setiap artis tentunya mempertimbangkan hal itu sebaik mungkin. Pertimbangan ini pun terkadang berujung penolakan, hal ini dikarenakan mereka merasa tidak mampu menjalani syuting atau tidak tertarik dengan karakter yang dimainkan. Sikap profesional ini tentunya menjadi alasan mengapa seorang artis mampu memainkan perannya dengan baik, karena mereka sudah mempelajari dan mempertimbangkan semuanya sebelum menerima tawaran film.

Berbicara mengenai karakter dalam film, tentunya semua menginginkan menjadi pemeran utama dengan karakter protagonis. Pasalnya, karakter dalam film juga menjadi penentu karier mereka kedepannya. Ada beberapa artis menerima tawaran memainkan suatu karakter karena mereka ingin mencoba tantangan baru, namun ada pula yang tak segan untuk menolaknya dengan berbagai alasan.

Karakter antagonis menjadi yang cukup dibenci dalam suatu cerita film. Ya karena mereka memang menyebalkan dan membuat penonton ikut kesal. Biasanya, image jahat akan terus melekat pada artis ini, meski hanya film mereka tetap dinilai buruk pula di kehidupan nyata.

Namun beberapa aktris Bollywood ini membuktikan bahwa peran antagonis menjadi kekuatan tersendiri bagi mereka. Tak peduli mengenai image, mereka justru berpikir bahwa pekerja seni peran harus bisa memainkan banyak karakter. Terbukti, mereka mampu memainkan peran antagonis dengan sangat baik dan bahkan mendapat pujian. Siapa saja mereka? Berikut Keeping Times lansir dari berbagai sumber, Selasa (20/9).

1. Priyanka Chopra – Aitraaz (2004)

foto: Facebook/PinkVilla

Dalam film ini, Priyanka Chopra memainkan peran sebagai Sonia Roy. Aktris yang kini telah melebarkan sayapnya hingga internasional ini cukup berani untuk memainkan karakter antagonis, dimana dia sebagai bos yang mendominasi dan seringkali memeras asistennya. Penampilannya yang luar biasa tersebut pun membuat Priyanka Chopra memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik dalam Peran Negatif pada 2004.

2. Vidya Balan – Ishqiya (2010)

foto: Facebook/Rio Jo

Vidya Balan telah banyak memainkan karakter yang beragam dengan keanggunan dan pesonanya. Namun, aktris tersebut juga berbakat dalam memainkan karakter antagonis. Salah satunya dalam film Ishqiya. Dia berperan sebagai Krishna, seorang janda kota kecil yang membuat aktor lawan mainnya selalu melakukan perintahnya.

3. Bipasha Basu – Jism (2003)

foto: Facebook/Cocktail Media

Dalam film ini, Bipasha Basu memainkan peran antagonis sebagai penggoda yang ingin membunuh suami jutawannya, Sonia Khanna. Aktingnya tersebut seketika membuat penonton terpesona dan menaikkan kariernya.

4. Amrita Singh – Kalyug (2005)

foto: Twitter/@ibollywoodblog

Dalam film ini, Amrita Singh berperan sebagai Simi Roy, seseorang yang diam-diam adalah pencipta situs porno yang tinggal di Z├╝rich, Swiss. Karakter Amrita yang satu ini adalah salah satu gerakan paling berani yang membuat semua orang takjub padanya.

5. Kajol – Gupt (1997)

foto: Twitter/@FanaaForKajol

Penampilan antagonis dari Kajol dalam film Gupt seketika membuat semua orang terkejut. Dia memainkan peran sebagai Isha Diwan, seorang wanita psikopat yang membunuh 2 orang di dalam film tersebut. Karena penampilannya tersebut, Kajol berhasil memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Penampilan Terbaik dalam peran Negatif pada 1997.

6. Tabu – Maqbool (2003)

foto: Twitter/@ichahrnssa

Tabu, seorang aktris yang semua orang yakin dan setuju bahwa dia sangat halus dalam memainkan aktingnya. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa dia akan memainkan peran antagonis. Tabu memainkan karakter antagonis bernama Nimmi dalam film Maqbool. Dia digambarkan sebagai peran seorang wanita yang kuat dan provokatif, menunjukkan betapa kata-kata seorang wanita dapat berdampak pada tindakan suaminya. Nimmi pun memprovokasi Maqbool untuk membunuh Khan.

7. Preity Zinta – Armaan (2003)

foto: Twitter/@Laura4india

Tidak ada yang pernah berpikir bahwa aktris manis dengan lesung pipi tersebut akan memerankan karakter antagonis. Dalam film Armaan, Preity Zinta bertindak sebagai wanita skizofrenia yang kaya dan sombong bernama Sonia. Dirinya digambarkan begitu arogan dan memiliki caranya sendiri. Akting Preity tersebut pun menerima banyak ulasan positif dan pujian.

8. Katrina Kaif – Race (2008)

foto: Twitter/@KatrinaKaifFB

Katrina Kaif untuk pertama kalinya memainkan karakter antagonis dalam film Race sebagai Sophia. Melalui peran tersebut, Katrina mematahkan citranya yang lemah lembut di layar film. Para penggemarnya pun begitu mengapresiasi Katrina atas peran tersebut.

9. Kareena Kapoor Khan – Agent Vinod (2012)

foto: Twitter/@indiadogpig

Menjadi aktris yang luar biasa, Kareena Kapoor Khan telah memainkan karakter antagonis dalam film Agent Vinod sebagai lawan main Saif Ali Khan. Dia berperan sebagai Ruby atau Iram, seorang agen rahasia.

10. Urmila Matondkar – Pyaar Tune Kya Kiya (2001)

foto: Hindustan Times

Dalam film ini, Urmila Matondkar berperan sebagai seorang kekasih posesif. Dia melakukannya dengan sangat baik sehingga penonton percaya tidak ada yang melakukannya lebih baik darinya. Dalam aktingnya, Urmila sebagai kekasih obsesif yang mencoba membunuh dirinya dan bahkan orang lain untuk memenangkan cintanya.

Penulis: Inayah Mauliya