Kata-kata endorse pastinya sudah tidak asing bagi seorang artis Bollywood. Banyak produk tertentu yang biasanya memilih seorang selebriti terkenal untuk mempromosikan dengan imbalan uang.
Bahkan beberapa artis Bollywood telah menentukan tarif endorse mereka. Tentu saja tarif endorse untuk seorang artis Bollywood tidaklah murah. Diperkirakan untuk tarif, para artis dan selebgram ini pun di banderol dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Oleh sebab itu, beberapa artis Bollywood kerap menerima jasa endorse untuk menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Bahkan beberapa dari mereka dijuluki sebagai ratu endorse India.
Siapa saja mereka? Berikut Keeping Times rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/11).
1. Kriti Sanon
Berkat namanya yang popular di industri Bollywood. Kriti Sanon didapuk menjadi duta brand alat rumah tangga terkenal bersama Jacqueline. Selain itu, dia juga sudah memiliki 6 endorsement dari brand ternama lainnya.
Kriti Sanon menghasilkan sekitar Rs 4 crore atau Rp 8,24 miliar per tahun dari merek yang dipromosikannya. Tak hanya itu saja, Kriti juga memiliki lini pakaiannya dengan merek Ms yang diluncurkan tahun 2016.
Sekali mengendorse artis cantik ini, orang harus mengeluarkan 30 hingga 35 lakh atau Rp 718 juta.
2. Taapsee Pannu
Artis kelahiran 1 Agustus 1987 ini telah membintangi film Naam Shabana dan film thriller Badla. Dia juga berkesempatan beradu akting dengan Amitabh Bachchan di Skotlandia. Taapsee memiliki 7 endorsement dari brand ternama untuk dirinya.
Taapsee Pannu memperoleh penghasilan setiap kerja sama endorse dan mendukung 10 merek ternama. Taapsee Pannu mengenakan biaya 35 hingga 40 lakh atau Rp 821 juta), untuk satu merek yang dia endorse, dan ini menjadi pemasukan besar untuknya. Diketahui penghasilan tahunan Taapsee Pannu adalah 15,48 crore atau Rp 31,88 miliar.
3. Alia Bhatt
Kepopuleran Alia Bhatt tidak diragukan lagi di industri Bollywood. Karier Alia Bhatt sendiri kini tengah bersinar, dia juga menjadi salah satu ratu endorse.
Alia Bhatt sudah mendapatkan kurang lebih 10 endorsement. Bintang film Raazi juga menandatangani sebuah lembaga pelatihan penerbangan terkemuka untuk menjadi duta brand mereka.
Penghasilan bulanan Alia Bhatt dari endorse adalah 50 lakh atau Rp sekitar 1 miliar. Dia juga memperoleh penghasilan sekitar 1 crore atau Rp 2 miliar dari perjanjian kerja sama merek ternama. Selain itu Alia Bhatt juga mendukung merek Internasional.
4. Jacqueline Fernandez
Kecantikan bintang asal Kolombia ini tidak diragukan lagi. Berkat kerja kerasnya di industri Bollywood, namanya sangat popular, serta brand-brand besar menganggap Jacqueline sangat cocok menjadi brand ambassador mereka.
Tak heran jika si pemilik kaki jenjang ini sudah memiliki daftar panjang brand, yang diperkirakan ada 11 merek yang ingin bekerja sama dengannya. Kekayaan bersih Jacqueline Fernandez adalah $ 10 Juta atau Rs 75 crores, atau sekitar Rp 154,5 miliar.
Sumber penghasilan utamanya adalah pendapatan yang diterima dari film dan brand-brand ternama. Forbes India memperkirakan sumber pendapatannya untuk kerjasama endorse sekitar Rs 9,50 crore atau Rp 19,5 miliar per tahun.
5. Disha Patani
Setelah sukses dengan film MS Dhoni dan Baaghi 2, Disha Patani mulai dicari oleh para pemilik brand ternama. Disha Patani kini sangat popular dan kini tengah naik.
Berkat kerja kerasnya dia pun menjadi buruan brand besar. Disha juga ternyata sudah memiliki 5 brand yang memilihnya untuk endorsement.
Pendapatan tahunan Disha Patani adalah 12 Crore atau Rp 24,72 miliar per tahunnya. Untuk dukungan tiap merek, Disha Patani mengenakan biaya sebesar 1,5 crore atau Rp 3 miliar untuk per dukungan merek yang dia endorse.