Bicara mengenai industri hiburan India, selain film Bollywood juga banyak web series yang ditayangkan di platform online atau platform OTT (over the top) untuk ditonton. Para produser juga telah berpikir untuk menampilkan karyanya di tempat tersebut agar lebih mudah menjangkau banyak penontonn. Adanya kemudahan menonton kapan saja di berbagai platform tersebut menjadikan industri OTT kini banyak diminati di samping film bioskop.
Untuk menyajikan hiburan yang menarik dan punya banyak penonton, beberapa web series tidak tanggung-tanggung dalam hal pembuatan. Mulai dari naskah film dan deretan artis, hingga segala keperluan di dalamnya terkonsep dengan baik. Namun untuk bisa mewujudkannya, produksi dari web series terkadang memakan anggaran yang cukup besar.
Berdasarkan kondisi tersebut, Keeping Times telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/7), berikut 10 web series India dengan biaya produksi termahal.
1. Sacred Games.
Web series yang dibintangi aktor terkenal Saif Ali Khan dan Nawazuddin Siddiqui ini menjadi salah satu yang memakan biaya produksi termahal. Hal tersebut sebanding dengan larisnya web ini tak hanya di kalangan penonton India, tetapi juga mampu menarik penonton internasional. Dikabarkan, produksi web series ini mencapai sekitar 40 crore untuk season pertama atau sekitar Rp74,4 miliar. Sedangkan untuk season kedua mencapai 100 crore atau sekitar Rp186 miliar.
2. Made in Heaven.
“Made in Heaven” merupakan web series di Amazon Prime Video yang dibintangi oleh Arjun Mathur sebagai pemeran utamanya. Drama romantis ini dikabarkan memakan biaya produksi sebesar 100 crore atau sekitar Rp186 miliar. Tak ayal, web series ini berhasil merebut hati banyak penonton.
3. The End.
“The End” merupakan web series yang dirilis di Amazon Prime Video dengan biaya produksi termahal selanjutnya. Pasalnya, aktor Akshay Kumar yang menjadi pemainnya saja dibayar sebesar 90 crore atau sekitar Rp167,4 miliar. Dengan adanya berita tersebut, tidak heran jika web series ini memiliki kualitas produksi yang tinggi.
4. Mirzapur.
Web series bergenre thriller di Amazon Prime Video ini adalah salah satu proyek termahal. Web series ini memiliki anggaran sebesar 12 crore atau sekitar Rp22,3 miliar untuk season pertama, kemudian juga menggaji artis Pankaj Tripathi dan Ali Fazal sebesar 60 crore atau sekitar Rp111,6 miliar untuk season keduanya. Dengan daya tarik dan popularitas yang melejit, web series ini telah mendapat perhatian penonton yang relatif tinggi.
5. Breathe: Into the Shadows.
“Breathe: Into the Shadows” dirilis di Amazon Prime Video pada tahun 2020 dan dibintangi oleh R. Madhavan serta Abhishek Bachchan. Dikabarkan web series bergenre fantasi thriller ini memiliki anggaran sebesar 20 crore atau sekitar Rp37,2 miliar dengan tambahan 20 crore yang digunakan untuk pemasaran dan promosi.
6. Bard of Blood.
Diproduksi oleh Red Chillies Entertainment, rumah produksi milik Shah Rukh Khan, “Bard of Blood” dikabarkan memakan anggaran sebesar 50 crore atau sekitar Rp93 miliar. Tak heran jika web series yang diluncurkan di Netflix ini menyajikan alur kisah mata-mata India dengan kualitas film internasionalnya. Pemeran utamanya sendiri adalah Emraan Hashmi dan Sobhita Dhulipala, di mana penampilan mereka berhasil membuat para kritikus film terkesan.
7. Inside Edge.
“Inside Edge” yang dirilis pada tahun 2017 ini merupakan web series yang membahas tentang olahraga kriket. Diproduksi oleh Excel Entertainment yang ditayangkan di Amazon Prime Video, web series ini dikabarkan memakan total anggaran produksi sebesar 45 crore atau sekitar Rp83,7 miliar.
8. The Empire.
“The Empire” menjadi salah satu web series India termahal. Meskipun tidak ada pengungkapan resmi dari produser mengenai jumlah anggarannya, beberapa kabar menyebut jika “The Empire” memakan total anggaran sebesar 45 crore atau sekitar Rp83,7 miliar. Aktor Dino Morea dan Kunal Kapoor menjadi pemeran utama dalam web series ini bersama dengan Shabana Azmi dan Aditya Seal.
9. The Family Man.
“The Family Man” merupakan web series yang tayang di Amazon Prime Video. Web series ini bercerita tentang seorang pria kelas menengah yang tengah bekerja untuk Badan Investigasi Nasional. Web series ini terdiri dari 3 season. Dikabarkan, pada season ke-2 “The Family Man” memiliki total anggaran sebesar 25 crore atau sekitar Rp46,5 miliar yang merupakan peningkatan signifikan dari season sebelumnya.
10. Paatal Lok.
Dirilis di Amazon Prime Video pada Mei 2020, web series “Paatal Lok” telah berhasil menuai banyak pujian dan apresiasi dari penonton dan kritikus film. Web series yang dibintangi oleh Jaideep Ahlawat ini dikabarkan memakan anggaran sekitar 23 crore atau sekitar Rp42,7 miliar.
Penulis: Lutfian Prisnandika