Koh Ahong yang dijodohkan dengan Zaenab di sinetron Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia

foto: Istimewa

Kabar duka datang dari keluarga besar sinetron lawas era 90-an Si Doel Anak Sekolahan. Salah satu pemainnya yang dikenal luas dengan sapaan Koh Ahong meninggal dunia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Rano Karno lewat unggahan Instagramnya.

“Innalilahiwainailahi rojiun‚Ķselamat jalan sahabatku Ahong..walau kecil peranmu sangat besar artinya,” tulis Rano dalam caption unggahan foto bersama Koh Ahong.

Pada unggahan selanjutnya, Rano terlihat berkumpul dengan pemain dan crew film Si Doel untuk sama-sama mendoakan kepulangan Koh Ahong ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Dalam kesempatan itu Rano sedikit bercerita mengenai latar belakang pemeran Koh Ahong tersebut.

foto: Instagram/@si.rano

Ternyata, pria keturunan Tionghoa itu lahir di Aceh dengan nama Kasiman. Namun setelah menjadi mualaf Kasiman mengubah namanya menjadi Salman Alfarizi. Rano juga mengatakan dia dan Koh Ahong sempat menjalani ibadah Haji bersama.

Rano menceritakan Ahong berpulang setelah tak sadarkan diri hampir 3 bulan lamanya, karena penyakit yang dideritanya. Namun mengenai penyakit apa yang diidap Koh Ahong tidak dijelaskan oleh Rano.

Informasi yang Keeping Times dapatkan dari unggahan itu, kabarnya Koh Ahong akan dimakamkan ba’da ashar, Selasa (13/6). Menurut keterangan Rano, Ahong minta dimakamkan di depan perumahannya, Sasana Santi, Meruyung, Jawa Barat.

foto: Instagram/@sidoelanaksekolahan

Ada kisah menarik dari Perumahan Sasana Santi ini. Dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dikisahkan kawasan tersebut dijadikan sebagai pabrik batako milik Koh Ahong. Di depan pabrik tersebut ada tanah wakaf, Ahong pun minta dimakamkan di kawasan itu.

Mengenang Koh Ahong

Koh Ahong mengembuskan napas terakhirnya saat sedang menggarap Si Doel The Series #2. Seperti diketahui, Ahong ikut serta dalam sinetron lawasnya dari awal penayangan pada 1994. Dalam kisahnya, Koh Ahong merupakan mitra bisnis ayah Zaenab, Rohim.

Melihat kebaikan hati Ahong dan dia juga memiliki usaha sendiri, orang tua Zaenab pun sepakat untuk menjodohkan Ahong dengan Zaenab. Namun sayang, cinta Ahong ke Zaenab tak terbalaskan. Zaenab tak mampu membohongi perasaannya, bahwa dia sangat mencintai Doel – teman masa kecilnya yang juga masih memiliki ikatan saudara.