Tak banyak yang tahu, ini 10 potret cantik ibu Amitbah Bachchan

foto: Twitter/@filmhistorypic & indiatvnews.com

Amitabh Bachchan merupakan salah satu aktor paling disegani dan memiliki nama besar di dunia perfilman Bollywood. Di balik besarnya nama Amitabh, ada tangan dari seorang ibu yang menunjang kesuksesannya. Amitabh selalu memuji orang tuanya, Harivansh Rai Bachchan dan Teji Bachchan yang berjasa besar dalam perjalanan kariernya sebagai aktor besar.

Selama bertahun-tahun, Amitabh telah mengungkapkan bagaimana didikan kedua orang tuanya begitu berperan dalam membentuk hidupnya. Terlebih sang ibu, Teji Bachchan yang merupakan seorang ibu rumah tangga dan wanita yang sangat mencintai dunia kesenian. Sang ibu lah yang menginspirasi Amitabh Bachchan untuk menjadi seorang aktor besar hingga saat ini.

Teji sendiri merupakan seseorang yang sangat ramah dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Perempuan yang sangat dicintai Amitabh Bachchan tersebut meninggal dunia pada 21 Desember 2007 di usia 93 tahun setelah sakit berkepanjangan.

Bagi penggemar Bollywood era sekarang, sosok ibu Amitabh Bachchan tentu tak pernah terekspos. Dirangkum Keeping Times dari berbagai sumber pada Jumat (12/8), berikut 10 potret cantik ibu Amitabh Bachchan yang tak banyak diketahui.

1. Teji Bachchan lahir dengan nama Tejwant Kaur Suri dan berganti nama jadi Teji Harivansh Rai Srivastava Bachchan usai menikah. Ayahnya bernama Khazan Singh Suri merupakan pengacara terkenal di British India.

foto: indiatvnews.com

2. Sebelum menikah, Teji adalah seorang profesor bahasa Inggris di Universitas Allahabad dan mengajar psikologi di Khoob Chand Degree College, Lahore.

foto: starsunfolded.com

3. Dia bersama suaminya kerap menyanyikan lagu-lagu di acara-acara masyarakat kelas atas India.

foto: twitter/@filmhistorypic

4. Teji telah mengembangkan minat dalam sastra, terutama puisi. Dia menghabiskan sebagian besar masa kecil dan remajanya dengan membaca karya sastra para sarjana kontemporer.

foto: twitter/Ekaterina Shchukina

5. Pada 1973, mertua Jaya Bachchan ini diangkat sebagai direktur terhormat perusahaan keuangan film.

foto: hindustantimes.com

6. Dia adalah teman dekat Indira Gandhi, mantan Perdana Menteri India. Selama tinggal di Delhi pada akhir 1950-an, Teji menjadi orang kepercayaan Indira Gandhi. Nggak salah, hubungan keluarga Bachchan-Gandhi berjalan cukup dekat.

foto: starsunfolded.com

7. Meski tak secara resmi berkarier di dunia film, namun Teji merupakan seniman teater dan penyanyi yang terampil.

foto: wikimedia.org

8. Teji membimbing Amitabh untuk memilih akting sebagai kariernya. Namun hal tersebut rupanya bertentangan dengan suaminya, yang ingin Amitabh berkonsentrasi pada pendidikannya.

foto: Instagram/@shemarooent

9. Teji selalu ingin memastikan anak-anaknya dibekali dengan kebudayaan India. Ia selalu menyusun tabel agenda yang ketat bagi Amiatbh dan saudaranya, Ajitabh.

foto: Instagram/@rising.bollywood

10. Teji dan suaminya pernah tampil sebagai cameo dalam film ‘Kabhie Kabhie’ yang dibintangi Raakhee dan disutradarai Yash Chopra pada tahun 1976.

foto: wikibio.in

Penulis: Inayah Mauliya