Tak pernah tampil bersama, ini alasan perang dingin antara Ajay Devgn dan Shah Rukh Khan

foto: Instagram/@iamsrk; Instagram/@ajaydevgn

Melihat film-film seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001), dan beberapa film lainnya, memang membuat siapapun akan takjub dengan chemistry antara Shah Rukh Khan dan Kajol.

Peran keduanya dalam sebuah film selalu menjadi favorit penonton hingga banyak orang menjodoh-jodohkan SRK dan Kajol di kehidupan nyata. Kendati demikian, SRK dan Kajol memang sejatinya memiliki hubungan persahabatan yang erat, bahkan Gauri Khan, istri SRK, juga berteman baik dengan Kajol.

Namun menariknya, Shah Rukh Khan dan suami Kajol, Ajay Devgn terlihat jaga jarak. Meski keduanya dikenal sebagai aktor papan atas, tak ada satu proyek film pun yang menyatukan mereka. Hal ini tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya.

Bahkan belakangan ini diketahui, SRK membatalkan proyek iklan bersama Ajay Devgn. Alasan yang beredar, kala itu SRK tengah dipusingkan dan disibukkan oleh kasus hukum yang menimpa putra sulungnya, Aryan Khan.

Selain itu, dihadapan publik pun dua aktor ini tak pernah tampil bersama. Lalu apa alasan keduanya begitu bersikap dingin satu sama lain? Dan mengapa enggan bekerja sama? Berikut ulasannya yang dilansir Keeping Times dari berbagai sumber, Senin (5/12).

1. Pernah menjalin pertemanan sebelumnya.

foto: Facebook/VBollywood

Sebelum munculnya jurang yang besar antara Shah Rukh Khan dan Ajay Devgn, mereka ternyata pernah berhubungan baik sebelumnya. Keduanya bahkan pernah berpesta bersama.

2. Suksesnya film Karan Arjun.

foto: Facebook/Team Shah Rukh Khan; Facebook/Ajay Devgn Fan Club Kolkata

Sutradara Rakesh Roshan sempat menawarkan peran kepada Ajay dan Shah Rukh Khan dalam sebuah proyek film dua pahlawan berjudul Karan Arjun (1995). Kemudian ada rumor yang menyebut jika Ajay menganggap film tersebut tidak terlalu bagus, sehingga dia menolaknya.

Selain itu, Ajay juga mencoba membujuk Shah Rukh untuk melepaskan tawaran tersebut, namun SRK tetap menerima dan menyelesaikan film tersebut bersama Salman Khan. Alhasil, film Karan Arjun pun sukses di pasaran. Hal itu kemudian menimbulkan jurang diantara keduanya.

3. Film Ajay dan Kajol tak mampu menyaingi kepopularitasan film Shah Rukh Khan dan Kajol.

foto: Facebook/Les Marseillais Vs Le Reste Du Monde 5; Facebook/Kajol Fanclub

Meskipun Ajay Devgn dan Kajol adalah salah satu pasangan seleb Bollywood yang digemari, namun nampaknya keduanya tidak dapat menciptakan keajaiban di layar film bersama. Seperti halnya film pertama Ajay dan Kajol, Hulchul (1995) kemudian diikuti dengan Gundaraj (1995) yang mana kedua film tersebut gagal.

Setelah bermain film bersama, Ajay dan Kajol mulai berkencan. Kabar tersebut mengejutkan banyak orang karena berduanya memiliki kepribadian yang sangat kontras.

Di sisi lain, hampir semua film Shah Rukh Khan dan Kajol menjadi box-office, seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge, Kuch Kuch Hota Hai, dan masih banyak lagi. Keduanya pun menciptakan chemistry yang luar biasa. Hal itu pun juga diyakini membuat Ajay seketika tidak dapat menerimanya.

4. Ajay merasa tidak aman dengan chemistry Shah Rukh Khan dan Kajol.

foto: Facebook/Filmfare

Ketika Shah Rukh Khan dipasangkan dengan Kajol di film Baazigar (1993), film tersebut seketika menjadi hit. Produser film pun mengontrak keduanya untuk bekerja sama di lebih banyak film. Kesuksesan film-film mereka jelas membuat keduanya menjadi pasangan layar paling terkenal, bahkan banyak diperbincangkan di acara-acara penghargaan.

Banyak orang lebih sering membahas mengenai Shah Rukh Khan dan Kajol, ketimbang Ajay dan Kajol. Ajay yang kala itu kariernya tidak berjalan dengan baik, mulai merasa tidak percaya diri karena semua orang membicarakan tentang chemistry SRK dengan Kajol (yang saat itu tengah berkencan dengan Ajay). Meskipun SRK telah menyatakan bahwa Kajol telah dianggapnya sebagai saudara perempuannya, namun Ajay memiliki penilaian sendiri.

5. Kajol melawan keinginan Ajay untuk berhenti main film dengn SRK.

foto: Pinterest/muvyz; Apple Music

Ajay rupanya tidak dapat menerima persahabatan pacarnya dengan SRK, bahkan menetapkan syarat yang ketat untuk Kajol bahwa dia tidak akan bekerja dengan SRK lagi. Kajol yang sangat mencintai Ajay setuju dengan syarat itu dan mulai menolak film dengan Shah Rukh.

Namun, ketika Karan Johar menawarkan peran dalam film Kuch Kuch Hota Hai, Kajol bersikukuh untuk menerimanya karena dia merasa jika peran tersebut terlalu bagus untuk ditolak. Kajol pun memutuskan untuk melawan keinginan Ajay. Alhasil, lagi-lagi filmnya dengan SRK tersebut pun Hota Hai berhasil menjadi blockbuster.

6. Shah Rukh Khan tak datang di pesta utama pernikahan Ajay dan Kajol.

foto: India TV News

Keputusan Kajol untuk menuruti keinginan calon suaminya tentu membuat banyak penggemar dan produser film kecewa. Kajol berhenti dari film di puncak popularitasnya dengan alasan kehidupan pribadinya lebih penting baginya daripada film. Kajol dan Ajay kemudian menikah pada 24 Februari 1999.

Ada yang mengungkapkan jika pernikahan tersebut dilaksanakan ketika hubungan antara SRK dan Ajay sedang tidak baik-baik saja. Sedihnya lagi, banyak orang membandingkan antara SRK dengan Ajay bahkan setelah Kajol sah menjadi istri Ajay.

Meski diundang ke pesta pernikahan, SRK tidak hadir di acara utama pernikahan mereka. Di sisi lain, SRK menghadiri semua acara yang digelar di rumah Kajol.

7. Persaingan film Son of Sardaar dan Jab Tak Hai Jaan.

foto: imdb.com

Banyak orang juga berpikir bahwa hubungan Ajay dan SRK kian retak pada 2012. Kala itu film Son of Sardaar yang dibintangi Ajay, dan Jab Tak Hai Jaan yang dibintangi SDK dirilis pada waktu yang bersamaan. Sayangnya, film Ajay tidak mendapatkan layar penayangan di bioskop yang cukup, karena sebagian besar sudah diambil alih oleh rumah produksi Yash Raj Films untuk film SRK.

Saat itu, Ajay mengajukan keluhan terhadap Yash Raj Films dengan Komisi Persaingan India (CCI) atas jumlah layar yang dialokasikan untuk film Jab Tak Hai Jaan. Perselisihan tersebut pun memicu hubungan antara SRK dan Devgn semakin jauh.

8. Perang dingin Shah Rukh Khan dan Ajay yang terus berlanjut.

foto: Instagram/@iamsrk; Instagram/@ajaydevgn

Pada 2015, Shah Rukh Khan mencoba untuk memberi dukungan pada Ajay Devgn yang pernah berselisih dengannya. Kedua aktor tersebut pun terlihat makan malam bersama saat berada di Bulgaria. Menurut laporan, sutradara Rohit Shetty berusaha keras untuk membuat Ajay Devgn menjadi cameo di filmnya berjudul Dilwale (2015) yang juga dibintangi SRK dan Kajol, namun Ajay tidak menerimanya.

Penulis: Inayah Mauliya