11 Fakta menarik Asoka, proyek film pertama Shah Rukh Khan dan Kareena Kapoor

foto: netflix.com

Asoka menjadi film yang cukup laris sejak pertama kali dirilis pada 2001. Film yang mempertemukan Shah Rukh Khan dan Kareena Kapoor untuk pertama kalinya ini menceritakan kebangkitan kaisar Maurya pada abad ke-3 yaitu Ashoka.

Ashoka dikisahkan dalam sejarah India adalah seorang kaisar sekaligus cucu kesayangan dari kaisar Chandragupta Maurya. Ashoka juga memiliki gambaran sebagai seorang kaisar yang kejam namun setelah perang Kalinga, dia mulai tersadarkan akan perbuatan kejamnya terlihat hanya puing-puing dan sisa sisa peperangan. Da masuk ajaran Buddha menjadikan dia bukan lagi sebagai Ashoka yang kejam namun menjadi Ashoka yang saleh.

Walaupun menjadi salah satu seorang kaisar legenda yang sudah menguasai berbagai negara bagian, kisah cintanya tidak terlalu diketahui banyak orang. Maka dari itu film ini sebagian besar menceritakan mengenai kisah cinta dari sang raja Ashoka.

Tentunya kamu penasaran bukan seperti apa fakta menarik di balik film Asoka. Berikut ulasannya yang dilansir Keeping Times dari berbagai sumber, Sabtu (24/9).

1. Awalnya Shah Rukh Khan menginginkan Aishwarya Rai yang menjadi lawan mainnya. Namun sutradara, Santosh Sivan menginginkan aktris yang belum pernah dipasangkan sebelumnya dengan SRK. Shah Rukh Khan juga merekomendasikan Sushmita Sen untuk bermain sebagai penari bernyanyi di bar.

foto: Twitter/@RedChilliesEnt

2. Sutradara O.P. Ralhan merencanakan film tentang Asoka ini pada 1979. Kala itu anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Sebagai sutradara dia pun menginginkan pemain bintang-bintang muda. Kala itu ribuan orang melamar untuk ikut casting, termasuk Jackie Shroff. Namun akhirnya perencanaan penggarapan film tersebut ditangguhkan.

foto: pinterest/@sitara211

3. Asoka menjadi debut Ajith Kumar di Bollywood dan menjadi satu-satunya film yang dibintanginya. Sebelumnya dia terkenal berkat aktingnya dalam banyak film Tamil.

foto: Twitter/@SSMusicTweet

4. Peran Kaurwaki pertama kali ditawarkan pada Karisma Kapoor, namun karena dia menolaknya akhirnya Kareena Kapoor menjadi pilihan sang sutradara. Hal ini membuat Santosh Sivan senang, karena menemukan aktris yang belum pernah menjadi pasangan SRK sebelumnya.

foto: Twitter/@RedChilliesEnt

5. Pada awalnya komposer A.R. Rahman masuk untuk menjadi komponis musik film tersebut. Namun dia memilih keluar dengan alasan yang tidak diketahui. Akhirnya Anu Malik menggantikan posisi A.R. Rahman.

foto: netflix.com

6. Arvind Swamy mendapatkan tawaran untuk memerankan villain bernama Susima, namun dia menolaknya. Akhirnya Tamil Ajith Kumar yang mengambil peran tersebut.

foto : imdb.com

7. Ameesha Patel awalnya ditawari peran Hrishitaa Bhatt yang mendalami karakter Devi, namun Ameesha menolaknya karena jadwalnya yang padat. Selain itu juga ada Priyanka Chopra yang menolak untuk tampil dalam lagu di film Asoka.

foto: idiva.com

8. Film ini diproduseri Shah Rukh Khan, Juhi Chawla, dan Radhika Sangoi.

foto: cinemaexpress.com

9. Sutradara Santosh Sivan bersama dengan perancang kostum utama Anu Vardhan, mulai mengerjakan proyek tersebut dua tahun sebelum mereka memulai syuting film yang sebenarnya.

foto: Istimewa

10. Sutradara Santosh Sivan sudah mulai melakukan pendekatan pada Shah Rukh Khan untuk proyek Asoka sejak Shah Rukh Khan syuting film Dil Se pada 1998

foto: dontcallitbollywood.com

11. Asoka dapat dikatakan menjadi film rilisan internasional besar pertama bagi Shah Rukh Khan, film ini juga diputar di Festival Film Venesia dan Toronto.

foto: Istimewa

Penulis: Inayah Mauliya