Bollywood dianggap sebagai salah satu industri film terbesar di dunia yang memiliki banyak selebriti populer, tak hanya regional namun juga internasional. Karena hal tersebut, tak mengherankan jika para seleb Bollywood memiliki banyak penggemar hampir di seluruh dunia. Tak heran jika pengikut mereka di media sosial pun fantastik.
Hal ini tentu menguntungkan untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan di luar dunia akting atau film. Mereka dilirik brand-brand ternama untuk bekerja sama atau yang lebih dikenal dengan sebutan endorsement.
Setiap artis memiliki patokan harga berbeda untuk sekali promosi di media sosial mereka. Bagi mereka yang sudah memiliki nama besar tentu saja sekali posting bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.
Seperti beberapa artis Bollywood berikut ini, mereka mendapatkan penghasilan fantastik dari endorsement. Kira-kira siapa dan berapa ya pendapatan mereka? Berikut Keeping Times lansir dari berbagai sumber, Selasa (23/8).
1. Aamir Khan
Aamir Khan seringkali muncul dalam endorsement dari banyak merek terkenal selama bertahun-tahun, seperti Starplus, PhonePe, TataSky, Datsun, Vedantu, Vivo, dan masih banyak lagi. Dikabarkan, Aamir Khan mematok harga cukup besar untuk satu hari endorsement yakni sekitar 5-7 crore atau sekitar Rp 9,3 – 13 miliar.
2. Amitabh Bachchan
Popularitas Amitabh Bachchan sepertinya memang tidak pernah pudar meski aktor tersebut telah berusia 79 tahun. Sebaliknya, karier Amitabh justru naik menjadi salah satu aktor papan atas Bollywood. Beberapa brand ternama telah menggunakan jasa suami Jaya Bachchan ini, diantaranya Dabur, Emami, Kalyan Jeweller, FirstCry, Cadbury Dairy Milk, dan Maggi. Dikabarkan, Amitabh mematok harga antara 3 – 8 crore atau Rp 5,6 – 14,9 miliar untuk setiap iklan.
3. Deepika Padukone
Merek-merek besar seperti Pepsi, Adidas, Axis Bank, Nestle, L’Oreal Paris, dan Vistara, memilih Deepika Padukone menjadi salah satu aktris terkemuka Bollywood untuk endorsement. Besarnya merek tersebut sudah pasti menunjukkan harga yang fantastis untuk pengiklanannya. Dikabarkan, biaya untuk endorsement Deepika Padukone berkisar dari 7 – 10 crores atau Rp 13 – 18,6 miliar.
4. Priyanka Chopra
Dikabarkan, Priyanka Chopra yang kini telah menjadi aktris internasional, mematok harga sekitar 4 – 10 crores atau Rp 7,4 – 18,6 miliar untuk sekali tampil dalam sebuah iklan. Sejauh ini, merek-merek seperti Bumble, Garnier, Appy Fizz, Colgate, Schmitten, Pantene, dan merek terkenal lainnya menggunakan jasa Priyanka Chopra.
5. Katrina Kaif
Seperti aktris papan atas lainnya, Katrina Kaif juga mematok harga yang cukup fantastis untuk endorsement, yakni berkisar antara 5 – 10 crores atau Rp 9,3 – 18,6 miliar. Selama bertahun-tahun, dirinya telah muncul dalam iklan banyak merek besar seperti Lenskart, Tropicana Slice, Reebok, dan Lux.
6. Alia Bhatt
Alia Bhatt menjadi aktris yang menerima endorsement dari berbagai merek besar seperti Philips, Frooti, Sunfeast, Flipkart, Manyvar, Makemytrip, dan Lays. Dikabarkan dia mengenakan biaya 1 – 3 crores atau Rp 1,8 – 5,5 miliar untuk setiap iklannya.
7. Kareena Kapoor Khan
Kareena Kapoor Khan, telah menerima banyak endorsement dari merek-merek seperti Colgate, Lakmé, LUX, dan PUMA. Dikabarkan Kareena mematok harga antara 3 – 4 crores atau Rp 5,5 – 7,4 miliar untuk setiap iklannya.
8. Salman Khan
Dikabarkan , Salman Khan mengenakan biaya sekitar 4 – 10 crores atau Rp 7,4 – 18,6 miliar untuk setiap endorsement yang dilakukannya. merek-merek besar seperti Wheel, Dixcy Scott, Realme, Mountain Dew, Suzuki Motorcycles, Relaxo, dan Thums Up telah menjadikan Salman Khan aktor langganan endorsement mereka.
9. Shah Rukh Khan
Shah Rukh Khan, salah satu aktor Bollywood paling populer, dikabarkan mematok harga yang cukup fantastis yakni berkisar antara 5,5 – 10 crores atau Rp 10 – 18,6 miliar untuk setiap iklannya. Dia telah mempromosikan merek-merek seperti Byju’s, BigBasket, Hyundai, Frooti, Fair and Handsome, dan Reliance Jio selama bertahun-tahun.
10. Akshay Kumar
Aktor papan atas Bollywood, Akshay Kumar telah menjadi langganan endorsement dari beberapa merek-merek besar seperti Honda, Policy Bazaar, Harpic, Dollar, Tata Motors, Revital H, dan Cardekho. Dikabarkan, aktor tersebut mematok harga yang fantastis yakni antara 8 – 10 crores atau Rp 14,9 – 18,6 miliar untuk sekali tampil dalam sebuah iklan.
Penulis: Inayah Mauliya