Keluarkan hingga triliunan rupiah, ini 10 film termahal di dunia

foto: mycast.oi & pinterest.com

Pembuatan film dapat menghidupkan hampir semua skenario di layar dengan anggaran yang tepat. Film-film paling mahal sepanjang masa membutuhkan biaya produksi yang lebih banyak. Terkadang, investasi itu membuahkan hasil dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Menurut NerdWallet, ini adalah beberapa upaya terbesar yang pernah dilakukan di Hollywood. Bahkan disesuaikan dengan inflasi, sebagian besar judul dalam daftar film termahal telah dirilis dalam beberapa tahun terakhir.

Di bagian pertama terdapat film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, film ini diklaim sebagai film termahal yang pernah dibuat. Berikut beberapa film lainnya yang mengeluarkan anggaran besar, seperti dilansir Keeping Times dari berbagai sumber, Selasa (26/10).

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

foto: mycast.oi

Di dudukan pertama terdapat film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, merupakan film keempat dalam seri ini. Perkiraan biaya untuk membuat film ini mencapai sekitar $378,5 juta atau Rp 5,3 triliun. Jika disesuaikan dengan inflasi, jumlah ini mendekati sekitar $430 juta atau Rp 6 triliun.

2. Avengers: Age of Ultron (2015)

foto: horrornews.net

Avengers adalah film termahal kedua yang pernah dibuat yang menghabiskan dana hampir $365 juta atau Rp 5,1 triliun. Film termahal ini adalah sekuel dari seri Avengers yang dirilis pada 2015. Plot film ini didasarkan pada tim superhero Marvel Comics the Avengers.

Film ini mendapat apresiasi dari para penonton dan mendapatkan pendapat kotor lebih $1,4 miliar atau Rp 19,8 triliun.

3. ┬áPirates of the Caribbean: At World’s End (2007)

foto: zquill.com

Film pirate of the Caribbean adalah film ketiga dalam seri ini dan sudah menghabiskan biaya sebesar $300 juta atau Rp 4,2 triliun. Banyak penggemar yang menyukai film ini, karena penampilannya, penyutradaraan, serta efek khusu. Namun, ada kritik untuk plot dan durasi waktu yang terlalu panjang sekitar 168 menit.

4. Avengers: Endgame (2019)

foto: pinterest.com

Avengers: Endgame adalah film termahal keempat di dunia dengan biaya pembuatannya mencapai $356 juta atau Rp 5 triliun. Meski sekuel dari Infinity War, namun banyak dari orang-orang yang merasa antusias terhadap film yang menceritakan kisah Avengers versus Thanos.

Film ini dapat mengumpulkan sebanyak $2,8 miliar atau Rp 39,7 triliun di seluruh dunia hanya dalam waktu 11 hari, hal ini membuat film ini sebagai film terlaris yang pernah ada.

5. Avengers: Infinity War (2018)

foto: imdb.com

Avengers: Infinity, menghabiskan dana sekitar $316 juta atau Rp 4,4 triliun. Film yang di terdapat pemeran dan menampilkan aktor ace seperti Robert Downey Jr, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen, Anthony Mackie, dan Sebastian Stan.

Marvel Studios telah mengumpulkan banyak aktor untuk film ini. Semua adegan pertarungan terlihat realistis dengan bantuan grafik komputer yang banyak menghabiskan dana. Pendapatan dari koleksi kotor Infinity War diseluruh dunia menyentuh sekitar $2 miliar atau Rp 28,3 triliun.

6. Titanic (1997)

foto: pinterest.com

Titanic adalah film menceritakan tenggelamnya kapal besar yang canggih pada masa itu. Diketahui film ini telah menghabiskan dana sebanyak $200 juta atau Rp 2,8 triliun.

7. Spider-Man 3 (2007)

foto: imdb.com

Seri ketiga dari seri Spiderman adalah film ketujuh termahal di dunia yang telah menghabiskan dana $258 juta atau Rp 3,6 triliun. Disutradarai oleh Sam Raimi, film superhero berdasarkan karakter Marvel Comics Spider-man ini mendapatkan dana sekitar $894,9 juta atau Rp 12,6 triliun dari seluruh dunia.  

8. Justice League (2017)

foto: deviantart.com

Film Justice League adalah film yang menghabiskan anggaran sebesar $300 juta atau Rp 4,2 triliun dan menempati urutan kedelapan dalam daftar film termahal di dunia.

9. Tangled (2010)

foto: themoviedb.org

Tangled adalah film petualangan animasi komputer 3D dan telah menghabiskan dana sekitar $260 juta atau Rp 3,6 triliun. Sejumlah besar uang dihabiskan untuk pengadaan animasi yang tepat.

Meski menghabiskan banyak dana, film ini pun berhasil meraup untuk sekitar $592,4 juta atau Rp 8,4 triliun di seluruh dunia.

10. Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)

foto: impawards.com

Di urutan terakhir sebagai film termahal adalah Harry Potter and the Half-Blood Prince. Film ini telah menghabiskan dana sebanyak $ 250 juta atau Rp 3,5 triliun.

Dengan anggaran yang besar tersebut, film ini pun berhasil meraup untung sebesar $934,5 juta atau Rp 13,2 triliun. Secara keseluruhan dari 8 film pun telah meraup untung sebesar $7,7 miliar atau Rp 109,1 triliun.